melayang

melayang

Selasa, 27 Maret 2012

Berapa Sebenarnya Umur Kita?

Biasanya umur seseorang dihitung sejak dia dilahirkan. Oleh karena itu, tanggal, bulan dan tahun kelahiran adalah data yang sangat penting bagi setiap orang. Hampir setiap orang hafal data penting ini karena selalu dibutuhkan dalam aktifitas formal seperti sekolah atau bekerja. Hanya orang-orang tua dulu yang tidak tahu berapa umurnya atau tanggal berapa mereka dilahirkan. Mereka hanya bisa mengira-ngira atau mengingat momen yang bersamaan dengan kelahirannya.
Cara menghitung umur yang biasa kita pakai bisa disebut sebagai umur biologis. Umur berarti kehidupan. Kita bisa ambil contoh umur si A tahun ini 30 tahun. Namun, jika kita mengkaji lebih mendalam apakah benar dia “hidup” selama 30 tahun. Kita coba pakai hitung-hitungan sederhana. Biasanya kita tidur sehari sekitar 8 jam, itu berarti sepertiga hari. Jadi si A selama hidupnya sudah tidur selama 10 tahun. Itu berarti waktu” hidup” dia sebenarnya hanya 20 tahun.
Itu baru dihitung tidurnya saja. Belum lagi waktu tidak efektif lainnya yang kita lakukan. Hidup kita harus punya arti dan bermanfaat minimal buat diri sendiri dan keluarga. Kalo bisa bermanfaat untuk lingkungan sekitar dan sesama. Untuk menjadi orang yang bermanfaat tentu aktifitas kita harus dijaga agar tak sia-sia.
Ayo kita coba hitung waktu yang tidak efektif dalam sehari. Misalnya ngobrol ngalor ngidul, main ke mall tanpa tujuan, nonton teve gak jelas acaranya, chatting nggak penting, macet di jalan, melamun dan sebagainya. Tanpa terasa banyak waktu yang terbuang percuma. Apalagi jika setiap hari kita terjebak macet berjam-jam. Waktu adalah umur kita di dunia. Jika kita membuang waktu maka sebenarnya kita menyia-nyiakan umur yang sudah tersedia.
Bila diambil contoh ekstrem katakanlah waktu yang tidak efektif dalam sehari itu 4 jam. Ditambah dengan waktu tidur 8 jam berarti 12 jam atau setengah hari. Artinya waktu hidup kita yang efektif hanya setengahnya saja. Jika si A tadi umurnya 30 tahun, berarti umur efektifnya hanya 15 tahun saja. Selama 15 tahun umur efektif itu apa yang sudah kita lakukan? Apa prestasi yang sudah dihasilkan? Apa manfaatnya hidup kita untuk orang lain?
Umur efektif anda berapa? Semoga penuh dengan kebaikan dan keberkahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar